Friday, September 13, 2013

Kumpulan Peninggalan Dan Kisah Sejarah Kabupaten Bengkalis

Kumpulan Peninggalan dan Kisah Sejarah Kabupaten Bengkalis sebagai berikut : 

Sejarah Pulau Bengkalis dan Sekitarnya

Asal mula nama Bengkalis diambil dari Kata ” Mengkal” yang berarti sedih atau sebak dan ” Kalis” yang bearti tabah, sabar dan tahan ujian. Kata ini di ambil dari ungkapan raja kecil kepada pembantu dan pengikutnya sewaktu baginda sampai di pulau Bengkalis ketika ingin merebut tahta kerajaan Johor.

Selengkapnya - Sejarah Pulau Bengkalis dan Sekitarnya

Sejarah Huis Van Behauring Bengkalis

Huis Van Behauring terletak di Jalan Pahlawan Kelurahan Kota Kecamatan Bengkalis. Huis Van Behauring merupakan bukti Penjajahan Belanda di Indonesia. Pulau Bengkalis mempunyai kisah dan peninggalan sejarah sendiri mengenai penjajahan belanda, salah satunya peninggalan sejarah Benteng Huis Van Behauring.

Selengkapnya - Sejarah Huis Van Behauring Bengkalis

Sejarah Makam Dara Sembilan Desa Senggoro Bengkalis

Makan Dara Sembilan terletak di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis. Dahulunya merupakan sebuah Benteng Batin Hitam (Senggoro). Sekitar tahun 1512, Bengkalis ternyata sudah ada, bahkan dapat dikaitkan dengan zaman prasejarah. Pulau Bengkalis sejak dahulu telah dihuni oleh manusia, dengan pola kehidupan yang sangat tradisional, dan telah memiliki tatanan pemerintahan yaitu dalam bentuk perbatinan (pemerintahan).

Selengkapnya - Sejarah Makam Dara Sembilan Desa Senggoro Bengkalis 

Sejarah Singkat Masjid Kuning Desa Senggoro Bengkalis

Masjid Kuning terletak di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis. Masjid Kuning berdiri pada tahun 1850 M, pada pertengahan abad Ke-19 di desa Senggoro. Masjid ini pertama kali dibangun oleh Allahyarham Panglima Minal.

Selengkapnya - Sejarah Singkat Masjid Kuning Desa Senggoro Bengkalis 

Sejarah Singkat Tentang Panglima Minal Bengkalis

Panglima Minal lahir ± pada tahun 1609 M dan wafat pada usia 91 tahun sekitar 1700 M. Pada zaman pemerintahan Sultan Siak Jalil Rahmad Syah, berawal dari tragedy kekacauan oleh perampok / bajak laut atau lanun yang merajalela di perairan Selat Bengkalis terutama Tanjung Kongkong sampai Tanjung Jati.

Selengkapnya - Sejarah Singkat Tentang Panglima Minal Bengkalis

Sejarah Perigi Lada Hitam Desa Sungai Alam Bengkalis

Perigi Lada Hitam terletak di Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis, tepatnya di Dusun Sukaramai, terdapat sebuah kolam besar yang di percayai oleh masyarakat sekitar memiliki kisah sejarah dimasa lampau. Meski lebih pantas disebut kolam besar, namun penduduk setempat menyebutnya perigi. 

Selengkapnya - Sejarah Perigi Lada Hitam Desa Sungai Alam Bengkalis

Sejarah Singkat Tengku Bagus Said Toha Pindah Ke Bengkalis

Tengku Bagus Said Toha lahir di Siak Sri Indrapura pada tahun 1830. Orang tua beliau adalah Raja Siak Sri Indrapura yang ke-X (kesepuluh). Ayah beliau bernama Sultan Syarif Kasim I dan Ibunda beliau bernama Tengku Ampuan.

Selengkapnya - Sejarah Singkat Tengku Bagus Said Toha Pindah Ke Bengkalis
Bagi yang mengetahui Peninggalan dan Kisah Sejarah Kabupaten Bengkalis serta ingin mengetahui Peninggalan dan Kisah Sejarah lainnya, agar dapat diinformasikan kepada kami.