Tuesday, August 26, 2014

Wisata Pantai Tanjung Medang Rupat Utara

Kalau mencari pantai indah, tidak usah jauh-jauh ke luar Bengkalis. Selain Pantai Selat Baru, Bengkalis juga memiliki pantai di Rupat Utara, pantai tersebut tidak kalah indah dengan pantai lain yang ada di Indonesia. Pantai ini sangat luas dan masih alami.

Bagaimana tidak? Pantai tersebut  tidak seperti di pantai-pantai umumnya yang dipenuhi oleh wisatawan, melainkan hanyalah penduduk yang bermukim di daerah Rupat. Pantai yang luas dan langit biru yang sangat bersih, memberikan perasaan damai. Udaranya bersih dan sangat menyegarkan.

Namun yang menjadi perhatian adalah keindahan alami pantai di Pulau Rupat Utara. Pantai ini merupakan warisan alam yang belum tersentuh oleh tangan-tangan asing, sangat natural dan serasa memiliki pantai di pulau sendiri.

Pantai Rupat Utara terletak di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Terdapat 2 karakteristik pantai-pantai di pulau tersebut. Karakteristik pantai di bagian timur, barat dan selatan pulau Rupat adalah pantai berlumpur dengan hutan manggrove. Sedangkan karakteristik pantai utara Pulau Rupat adalah berpasir putih yang cukup keras untuk dilalui kendaraan. Pantai pasir putih di pulau Rupat Utara memanjang hampir lurus sejauh kurang lebih 12 km dan berada dalam wilayah 3 desa. Hal ini menyebabkan penyebutan nama pantai itu pun menjadi bermacam macam. Ada menyebutnya Pantai Tanjung Lapin maupun Pantai Teluk Rhu. Masyarakat sekitar akhirnya sepakat menyebut 1 nama saja yaitu Pantai Tanjung Medang/ Pantai Pesona. Pantai ini langsung berhadapan dengan Semenanjung Malaka. Jika menghadap Timur Laut akan berhadapan dengan Melaka Malaysia, sedangkan jika menghadap ke Utara, maka dari Rupat akan berhadapan dengan Port Dickson Malaysia. Jarak terdekat daratan Pulau Rupat Utara dengan Daratan Malaysia adalah sejauh 38 km yaitu di Tanjung Rusa dekat Port Dickson Malaysia.

Untuk mencapai Pulau Rupat Utara dapat melalui 2 jalur yaitu Jalur 1 dari Penyeberangan Kapal Roro Dumai ke Pulau Rupat dengan harga tiket sepeda motor (2 Orang) dikenakan biaya oleh pengelola Kapal Roro Rp. 24.000,- sedangkan pas masuk pelabuhan 1 Orang Rp. 2000,- dan Sepeda Motor Rp. 3500,-. Jadi total 2 Orang dengan Sepeda Motor ke Pulau Rupat menggunakan Roro adalah Rp. 31.500 sekali jalan dan Rp. 63.000-, pulang pergi (PP). Jalur 2 dari Pelabuhan TPI Bawah Jembatan Dumai menggunakan speedboat atau roro dengan biaya 100.000 rupiah. Speedboat jalur itu akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Medang dan dapat melanjutkan dengan ojek ke Rupat Utara Pantai Tanjung Medang. Serta dari Bengkalis juga ada kapal pompong yang akan berlabuh di Kadoor (Kadur) Rupat.

Sumber : attayaya.net