Monday, February 16, 2015

Batu Cincin Akik Bacan dan Khasiatnya

Batu bacan adalah jenis batuan yang berasal dari Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera, Maluku Utara. Batu bacan dikatakan batu hidup karena dapat bermetamorfosis atau berubah dengan sendirinya seperti tumbuh-tumbuhan yang bisa tumbuh besar. Batu bacan juga mampu merubah warna dari hitam bisa menjadi hijau karena batu bacan memiliki inklusi atau serat batu yang banyak dan padan serta secara perlahan akan berubah menjadi lebih bersih (bening) dan mengkristal dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu dengan hitungan tahun.

Kelebihan batu bacan tidak hanya itu, batu bacan tidak hanya bisa berubah warna dan bermetamorfosis tetapi juga dapat menyerap senyawa yang ada didekat dengan batu tersebut. Misalnya batu bacan anda dekatkan dengan sebutir emas, maka jika diperhatikan pada batu bacan akan terdapat bintik emas yang akan melekat dengan sendirinya.

Kemampuan yang dimiliki batu bacan inilah yang berhasil menghipnotis para kolektor batu cincin untuk memilikinya, akan tetapi tidak mudah untuk mendapatkan batu ini, anda perlu merogoh kocek sangat dalam karena harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Para kolektor batu bacan tidak hanya terdapat di dalam negeri, bahkan dari berbagai negara seperti China, Arab, dan Eropa. Batu bacan memiliki ciri-ciri khusus yaitu identik dengan warna hijau tua dan hijau tosca serta memiliki kekerasan batu hingga pada skala 7,5 Mohs.

Jenis Batu Bacan

Menurut jenisnya, batu bacan terbagi tiga jenis, yaitu Batu Bacan Doko, Batu Bacan Palamea dan Batu Bacan Obi. Batu Bacan Doko banyak ditemukan di Desa Doko Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat Halmahera Maluku Utara sehingga batu yang dianggap bernyawa tersebut menggunakan nama sesuai ditemukannya. Bacan Doko memiliki warna hujau bening dan hijau tua agak gelap dan pedagang banyak menyebutnya dengan hijau cincau, tapi jika disenter akan keluar hijau cerah dan termasuk warna yang paling disukai dan digemari banyak kolektor. Bacan doko cincau biasanya lebih cepat mengalami perubahan warna dibandingkan jenis palamea dan berkisar antara 3 hingga 4 bulan warna sudah mulai berubah hijau dari warna sebelumnya yang agak gelap. Batu Bacan Palamea ditemukan di Desa Palamea Kecamatan Bacan Barat Halmahera, ciri warna pada jenis bacan ini hijau kebiruan (tosca). Proses kristalisasi menjadi bening dipercaya lebih lambat dibandingkan dengan jenis doko. Batu Bacan Obi ditemukan di Pulau Obi Maluku Utara dan memiliki karakteristik berbeda dengan bacan doko atau palamea yang bisa berubah warna sedangkan batu obi tidak bisa berubah warna meskipun disimpan dalam waktu lama. Namun demikian obi juga termasuk jenis batu asal Halmahera yang juga menjadi incaran banyak kolektor lokal maupun manca negara.

Harga Batu Bacan

Batu Bacan Doko, Batu Bacan Palamea dan Batu Bacan Obi termasuk jenis batu yang cukup langka dan banyak diburu para kolektor karena kualitas yang baik, kelebihan yang cukup unik dan juga ketersediaan yang terbatas membuat batu bacan menjadi salah satu batu cincin termahal dan populer di Indonesia. Semakin cerah warna yang dimiliki maka harganya pun akan semakin mahal, Hal ini dapat dibuktikan pada gambar dan harga yang dipatok oleh Penjual Batu Bacan.

 Batu Cincin Bacan Doko Cincau Kristal

Batu Cincin Bacan Doko Cincau Kristal dipatok dengan harga Rp. 12.500.000-,


Batu Cincin Bacan Doko Halmahera dipatok dengan harga Rp. 65.000.000-,

Batu Cincin Bacan Palamea Super Cristal

Batu Cincin Bacan Palamea Super Cristal dipatok dengan harga Rp. 8.500.000-,

Batu Cincin Bacan Cincau Hijau Pekat

Batu Cincin Bacan Cincau Hijau Pekat dipatok dengan harga Rp. 15.000.000-,

Batu Cincin Bacan Obi Putih

Batu Cincin Bacan Obi Putih dipatok dengan harga Rp. 2.000.000-,

Khasiat Batu Bacan

Batu bacan katanya memiliki berbagai macam khasiat yang dipercaya mampu membuat yang memakainya menjadi terlihat lebih berwibawa dan memesona, selain itu juga batu ini memiliki khasiat lain diantaranya :

1. Memperlancar peredaran darah
2. Menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit jantung
3. Memancarkan aura kecantikan/ ketampanan
4. Menambah pesona daya tarik dan kharismatik pemakainya.

Dosa besarkah memakai dan percaya kekuatan batu cincin? Tidak ada hadits yang melarang pemakain cincin berhias batu (tanpa unsur emas). Tetapi jangan pernah terbersit dihati bahwa batu itu bisa membantu kita di saat-saat sulit seperti sakit, membawa keberuntungan, memperlancar usaha, memperlaris dagangan dan lain-lain karena itu bisa menjurus kepada dosa besar (syirik). Jika benar adanya khasiat batu tersebut adalah atas izin dan kehendak Allah SWT.

Demikianlah artikel Batu Cincin Akik Bacan dan Khasiatnya sebagamana yang telah dikutip dari berbagai sumber.